Tentang Perkembangan Prosesor, Perangkat Input-Output Komputer, dan Multimedia Pemodelan Grafis 3D

1. Tren Perkembangan Prosesor

Prosesor di Tahun 2018

Hampir semua prosesor di tahun 2018 adalah prosesor yang multi core.

Prosesor yang multicore akan meningkatkan performa komputer dan mengurangi konsumsi daya. Prosesor multi core bisa dengan mudah dan efektif memroses tugas yang banyak di waktu yang sama.

Ada dua kompetitor besar dalam pasar prosesor, yaitu Intel dan AMD. Keduanya terus bersaing untuk menghasilkan prosesor yang berkualitas tinggi.

Image result for intel vs amd

(Rivalitas AMD dan Intel di pengembangan dan pasar prosesor komputer – https://www.avadirect.com/blog/wp-content/uploads/2015/10/intel-vs-amd.png)

Prosesor di Tahun 2019

Intel dan AMD keduanya berusaha untuk mengembangkan prosesornya untuk pasar di tahun 2019. Kita bisa lihat, jumlah core dilipatgandakan dan performanya lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Intel hadir dengan mengembangkan performa prosesornya, dengan rencana untuk melanjutkan pengembangan prosesor Skylake-X mereka.

Jika prosesor semacam ini menjadi mainstream, seluruh penggunanya akan dimanjakan dengan kecepatan dan performanya.

Melihat AMD, mereka berusaha untuk megalahkan produk andalannya intel, i9-7980XE. AMD sedang mengembangkan prosesor 16 core yang kompatibel dengan AM4 socketnya.

AMD tidak berhenti di situ, mereka juga membahas pengembangan prosesornya untuk sampai 36 core.

Secara keseluruhan, kelihatannya jumlah core prosesor akan terus meningkat. Di 2019 kita akan melihat prosesor yang powerful akan menjadi lebih mainstream.

Masa Depan Prosesor “Beyond 2019”

Image result for neuromorphic computing

(Neuromorphic Computing – https://i2.wp.com/syncedreview.com/wp-content/uploads/2017/04/14.jpg?resize=800%2C600&ssl=1)

Intel dan AMD keduanya memiliki kejutan yang menarik dan berbeda untuk masa depan prosesor.

Saat Intel keynote di CES 2018, mereka menggarisbawahi ada dua area fokus untuk pengembangan prosesor masa depan mereka. Mereka melihat bahwa quantum dan neuromorphic computing sebagai masa depan yang nyata untuk kemajuan teknologi komputer.

Di keynote yang sama, mereka mengungkapkan dua prosesor yang telah dirancang khusus untuk bidang komputasi ini. Prosesor neuromorphic mereka menampilkan perombakan total dalam hal arsitektur.

Intel telah merancang prosesor ini untuk meniru otak manusia, dengan kemampuan untuk belajar dan tumbuh secara mandiri.

Image result for loihi intel

(CPU masa depan Intel, “Loihi”. – https://cdn.wccftech.com/wp-content/uploads/2018/01/Intel-Loihi-Feature-1.jpg)

Pendekatan revolusioner ini menampilkan neuron dan jalur buatan untuk meniru sirkuit dan fungsi otak kita. Krzanich, CEO Intel, menyoroti bahwa chip prototipe mereka, Loihi, telah belajar basic object recognition, secara mandiri, dalam hitungan minggu.

Intel akan sharing chip prototipe ini dengan berbagai lembaga penelitian dan universitas untuk memajukan pengembangan. Kita tidak tahu berapa lama untuk prosesor yang dapat digunakan seperti Loihi tersedia di laptop kita. Namun, dengan pengembangan yang tepat, itu tidak akan lama sebelum prosesor semacam ini akan menjadi bagian dari komputer kita sehari-hari.

Publikasi komputasi kuantum terbaru Intel adalah chip uji 49 quadbit yang kuat. Sebuah chip bit kuantum memiliki kemampuan untuk menyimpan lebih banyak informasi daripada chip lainnya.

Dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar, prosesor yang lebih besar ini akan memiliki kemampuan untuk memproses lebih banyak data. Namun, ini akan memakan waktu beberapa tahun sebelum chip jenis ini siap untuk ada dalam komputer mainstream.

AMD juga memiliki beberapa ide revolusioner untuk prosesor masa depan mereka. Mereka telah bekerja dengan Qualcomm untuk mengembangkan prosesor berkinerja tinggi untuk perangkat seluler.

Hasilnya adalah peningkatan kekuatan perangkat 2-in-1 dan laptop ringan portabel yang sedang hits di pasar.

Jenis pengembangan ini bisa dibilang sesuatu yang akan lebih cepat sampai di pasar daripada jenis pengembangan yang dilakukan Intel.

Dengan dunia yang semakin portabel dan mobile, ini adalah pengembangan kunci untuk pemasaran. Perangkat 2-in-1, serta laptop ringan dan portabel sedang populer.

AMD mungkin berada di jalur yang benar untuk kesuksesan instan dengan menargetkan bagian pasar ini. Ini juga akan membantu membuat komputer yang sangat kuat dapat diakses lebih dini oleh konsumen umum.

2. Teknologi Input dan Output di Masa Mendatang

Keyboard Masa Depan (Teknologi Input)

 

 

 

 

 

Konsep keyboard masa depan yang unik dan canggih. Berbagai konsep teknologi canggih masa depan dirancang desainer teknologi, kali ini desainer Rusia Marat Kudryavstev memiliki ide yang berbeda, yaitu konsep gadget komunikasi terbaru : keyboard masa depan.

Mouse Masa Depan (Teknologi Input)

 

 

 

 

 

Terinspirasi oleh aplikasi dan games 3 dimensi (3D), perusahaan teknologi Cambridge Consultans menciptakan sebuah tetikus (mouse) yang mendukung program 3D.

Nah kali ini, ada para pakar dari Cambridge Consultants menyajikan konsep mouse Suma, suatu ide menarik bagaimana kita menavigasi dan mengontrol lingkungan 3D.

The Suma merupakan konsep masa depan mouse futuristik yang dioperasikan dengan cara menggenggam, kemudian mengklik, diputar hingga memperbesar layar hanya menyentuh sisi mouse ke atas atau ke bawah dengan ibu jari.

Printer Masa Depan (Teknologi Output)

 

 

 

 

Jika biasanya hardware printer menggunakan arus listrik dan juga tinta, namun di masa depan mungkin tidak akan ditemui printer seperti itu lagi. Dalam kompetisi desain Greener Gadget, printer RITI merupakan printer eco-friendly yang akan merajai pasar printer computer di masa mendatang.

Printer RITI menggunakan ampas kopi atau teh untuk membuat printout computer. Untuk menggunakan printer RITI tersebut, masukkan selembar kertas, tempatkan ampas kopi atau teh ke dalam casing tinta di bagian atas printer. Lalu gerakkan casing tinta ke kiri dan kanan untuk mencetak gambar. Semuanya dilakukan tanpa menggunakan listrik, menurut laporan dari Greener Gadget.

Oleh karena printer RITI hanya bekerja secara manual, maka printer tersebut tidak ideal untuk project besar, dan hanya dapat mencetak hitam dan putih.  Namun, secara keseluruhan printer RITI tersebut lebih hemat biaya pembelian tinta dan penggunaan listrik.

Kamera, Proyektor, dan Printer dalam satu Ponsel (Teknologi Input dan Output)

 

 

 

 

 

Designer Hideo Kanbara menciptakan ponsel yg benar-benar memenuhi fitur dan dirancang untuk multitasking. Lebih dari telepon, ia juga berfungsi sebagai controller permainan, printer gambar, dan proyektor.

3. Perkembangan Teknologi Multimedia Pemodelan Grafis 3D

  • Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik .
  • 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan   teknologi Grafik Komputer .
  • 1963 : Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector), Mouse oleh Douglas Englebert .1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier .
  • 1972 : ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer .
  • 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing.
  • 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
  • 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer • Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.
  • 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel
  • 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter
  • 1986 Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).
  • 1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama.
  • Akhir tahun 90-an: Ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
  • Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.

 

Sampai sekarang, perkembangan teknologi 3D masih terus berlangsung dengan sejalannya tekonologi modern yang ada. Hingga saat ini, film-film 3D sudah semakin banyak dan canggih.

Referensi Pikiran :

https://bestlaptopsworld.com/future-of-processors/

https://yukzmari.wordpress.com/category/input-output-device-masa-depan/

http://farisanrachman.blog.widyatama.ac.id/2016/02/21/perkembangan-teknologi-3d-dan-multimedia/

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email